Sejumlah Anggota DPR RI dilantik dalam Sidang Paripurna yang berlangsung Selasa (20/3/2018). Mereka yang dilantik berasal dari 5 fraksi, antara lain Fraksi PKB sebanyak 7 anggota dan Fraksi NasDem 2 anggota. Sementara Fraksi PKS, Fraksi Hanura, dan Fraksi PAN masing-masing menyerahkan 1 orang pengganti antar waktu di sisa periode 2014-2019 ini.

“Pimpinan DPR RI telah menerima surat putusan Presiden tertanggal 14 Maret 2018, dan surat keputusan pengganti antar waktu tertanggal 16 Maret 2018. Pimpinan Dewan menyerahkan kepada Sekretariat DPR untuk menyelenggarakan upacara pelantikan anggota pengganti antar waktu DPR RI,” ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon selaku Ketua Sidang Paripurna, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Sebagian besar nama Anggota DPR yang diganti dikarenakan mencalonkan Pilkada 2018. Di Fraksi PKB terdapat sejumlah PAW yang dilakukan yakni,  Zainal Abidin (cabub Kerinci) digantikan Nur Yasin, Lukman Edy (cagub Riau) digantikan Mafirion, Abdul Malik Harmain (cabup Probolinggo) digantikan Faisol Riza, Ida Fauziyah (cawagub Jawa Tengah) digantikan Anwar Rachman, Maman Imanulhaq (cabup Majalengka) digantikan Lilis Santika dan Anna Mu’awanah (cabup Bojonegoro) digantikan Lukmanul Khakim, dan Musa Zainuddin digantikan Aryanto Munawar.

Selain itu, PAW di Fraksi Nasdem dilakukan kepada Viktor Laiskodat Bungtilu (cagub NTT) digantikan Jacky Uly, dan Islam Junaidi digantikan Jafar Shodiq. Di Fraksi PKS terdapat Zulkieflimansyah (cagub NTB) yang digantikan Ei Nurul Khotimah. Sedangkan, di Fraksi Hanura terdapat Miryam S Haryani yang digantikan Sudiro Asno serta Fraksi PAN yakni Andriyanto Suharsa digantikan Abdul Hakam.

Pembacaan sumpah para anggota DPR yang mengikuti proses PAW dipandu oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo. “Bahwa saya akan mematuhi kewajiban saya sebagai Anggota DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945,” kata Ketua DPR, yang kemudian diikuti 12 Anggota DPR yang baru dilantik.

Sebelumnya, Bamsoet, sapaan akrabnya, juga mengingatkan bahwa sumpah yang diucapkan mengandung amanah dan tanggung jawab besar, sehingga harus diemban dengan baik. Di akhir rapat Paripurna, Pimpinan DPR RI bergantian memberikan salam tanda ucapan selamat kepada Anggota Dewan yang baru saja dilantik. (hs/sf)