Pemandangan tak biasa tampak di desa solorejo, kecamatan boureno, Kabupaten Bojonegoro. Pasalnya, rumah Zuli salah seorang warga menjadi tempat penginapan Anggota DPR RI Fraksi PKB Lukmanul Khakim usai melakukan kegiatan di dapilnya yaitu Bojonegoro dan Tuban. Tak seperti pada umumnya, biasanya pejabat negara nginap di penginapan mewah, namun yang dilakukan Lukmanul Khakim berbeda.

“Betul. Tadi saya penasaran kok tiba-tiba ada rombongan masuk desa. Pas saya cek ternyata ada Pak Lukman anggota DPR RI. Katanya orang-orang beliau mau bermalam di rumah Zuli salah seorang warga desa sini. Wah baru kali ini saya tahu ada anggota DPR yang merakyat”, ujar sutomo salah seorang warga yang memberikan keterangan kepada Oborkita.com, Selasa (4/12/2018).

Sementara itu, Zuli selaku tuan rumah merasa kaget, senang, terharu dan bangga rumahnya jadi pilihan menginap seorang pejabat negara.

“Ini sungguh membuat saya kaget sekaligus senang karena rumah kami yang sederhana, di pakai menginap mas lukman, anggota DPR RI yang masih muda, dan ganteng. Para Ibu disini juga senang sekali bisa berkenalan langsung dan ngobrol santai. Pokoknya tidak terbayang kalau rumah saya ditempati beliau,” ujarnya.

Kunjungan Lukmanul bukan tanpa alasan. Ia menuturkan, bahwa kehadiranya merupakan cara agar tak ada jarak antara dirinya dengan rakyat.

“Jadi sebenarnya hal seperti ini biasa saya lakukan. tadi itu saya selesai melakukan kegiatan pendidikan politik dan menghadiri acara peringatan maulid nabi. Hal ini sengaja saya biasakan supaya bisa menghapus stigma bahwa penyelenggara negara tidak boleh selalu berada di menara gading. Sudah tak jamanya lagi”, Ujar Anggota DPR RI Komisi VI ini.

Lukmanul menambahkan, Sebagai Anggota DPR RI yang salah satu kewajibanya adalah melakukan serap aspirasi. cara berbaur langsung dengan masyarakat adalah menjadi pilihanya. Karena dengan berbaur dan melebur ditengah masyarakat, kondisi serta masalah yang sebenarnya akan diketahui dengan pasti.

“Tentu bagi saya, menjadi Anggota DPR Ri itu harus senantiasa menjadi sahabat rakyat, menjadi tempat curhat dan sandaran hati rakyat. Karena filosofi kepemimpinan yang saya anut, khoirunnas anfauhum linnas. itu pesan rosulullah, agar dimanapun kita berada, diposisi apapun, amanah harus diemban dengan baik. tetap kuncinya memberikan manfaat untuk sesama manusia,” Tutur pria yang juga alumni pesantren denanyar Jombang ini.