Melalui kunjunganya, Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Lukmanul Khakim dorong penguatan ekonomi pesantren. Pasalnya, salah satu pondasi dasar pengembangan pesantren adalah kemandirian ekonominya.

“Penguatan ekonomi pesantren ini sangat penting untuk menopang keberadaan pesantren agar semakin kuat dan berkembang. Dari dulu kita tahu, pesantren ini merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang mandiri,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI ini di sela kunjungannya ke pesantren Al Rasyid, Dander, Bojonegoro.

Menurut Lukman, RUU Pesantren dan pendidikan keagamaan awalnya di Inisiasi oleh fraksi Partai Kebangkitan Bangsa yang akhirnya menjadi RUU Inisiasi DPR RI. Sekarang ini tengah diperjuangkan untuk menjadi UU. Tidak lain ini merupakan upaya serius memperhatikan pesantren. Tentu ini akan berimplikasi positif untuk keberlangsungan pesantren kedepan.

“Poin penting dalam UU tersebut adalah alokasi anggaran pendidikan bagi pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan lainnya. Ini dimaksudkan agar negara nyata hadir dan berpihak pada pesantren dan kesejahteraan rakyat,” kata Lukman.

Ditambahkan Lukman, Pihaknya kedepan ingin ada sinergi yang terus dibangun antara pemerintah dan pesantren.

“Saya yang sekarang duduk di Komisi VI DPR RI akan terus mengawal dan mendorong supaya kebijakan dan program-program pemerintah senantiasa berpihak ke pesantren,” Katanya.

Sementara pengasuh pesantren Al Rasyid, KH. Alamul Huda menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya. “Mas Lukman ini Anggota DPR RI yang mewakili kami masyarakat Bojonegoro. Saya doakan mudah-mudahan beliau sungguh-sungguh menjalankan amanah, dan yang terpenting bisa terpilih kembali di pemilu 2019 nanti,” Seloroh pria yang akrab di sapa Gus Huda ini.